Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu - Permainan bola voli adalah olah raga yang sangat digemari oleh kaum laki-laki atau perempuan, dalam permainan ini jumlah pemain nya dibatasi dengan jumlah yang sedikit mengingat lapangan bola voli juga tergolong kecil, berbeda dengan sepak bola yang kita kenal dengan istilah kesebelasan. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maximal ada 6, sedangkan untuk jumlah minumum ada 4 orang.

Baca juga : Ukuran lapangan bola voli standar nasional

Jumlah Pemain Bola Voli Dalam Satu Regu 

Aturan Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu
Setiap tim atau regu memiliki jumlah pemain 10 orang, 6 Orang pemain inti dan 4 orang pemain cadanagan. Pada saat pergantian pemain ketika pertandingan berlangsung tidak dibatasi. 
Maksimal dalam satu pertandingaan harus ada 6 pemain inti. minimal 4 pemain. Jika kurang dari empat pemain, maka regu bersangkutan dianggap K.O.

Posisi Pemain Saat Pertandingan Bola Voli
Posisi pemain ketika pertandingan berlangsung terbagi menjadi 3, diantaranya;
2 Pemain Smasher/spiker, tosser
2 Pemain Defender
2 pemain sebagai libero.

1. Set-upper atau tosser 
Tosser merupakan pemain bola voli yg bertugas sbg pengatur serangan dari tim. Tosser biasanya dapat mengumpan atau mengoper bola ke teman tim dgn bermacam variasi umpan utk Smasher sehingga dengan demikian Smasher dapat melakukan serangan yg menyulitkan atau bahkan mematikan pihak lawan. Kualiatas umpan pun kecerdasan dari Set-upper dalam memberikan variasi-variasi umpan memiliki peran yg sangat besar utk kemenangan tim. Tidak Hanya sbg pengatur serangan, seorang Set-upper pula harus mengusai teknik smash & blocking.

Bagaimana cara melakukan tosser yang baik ? silahkan baca Teknik dasar bola voli lengkap dengan gambar

2. Spiker (smasher)
Smasher yaitu pemain bola voli yang mempunyai tugas utk melakukan pukulan smash atau melakukan serangan sehingga menghasilkan poin atau nilai utk tim. Seorang Smasher mesti mempunyai kapabilitas melakukan serangan seperti pukulan smash yg baik. Sebab posisi Smasher senantiasa berada di depan, yaitu posisi 2 & 4, seorang Smasher mesti juga mampu menguasai teknik blocking (membendung serangan lawan).

3. Libero
Libero adalah pemain bola voli yang mempunyai tugas untuk menerima dan menahan serangan-serangan yang datang dari lawan regu. Karena peran seseorang libero yaitu menahan atau menerima bola serangan lawan dgn menggunakan passing, baik passing atas maupun passing bawah, sehingga satu orang yg berperan sebagai libero mesti mempunyai atau menguasai teknik passing dgn sangat baik. Pemain libero bebas ke luar masuk bakal tapi tak boleh jalankan pukulan smash maupun melakukan blocking.

4. Defender adalah pemain bola voli yg bertahan utk menerima serangan lawan.

Kesimpulan : Jumlah pemain bola voli dalam satu regu maksimal 6 orang dan minimal 4 orang.

Demikian artikel olahraga yang bisa saya tulis pada artikel ini. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Saya pamit untur diri. Wassalam.

Labels: